Cirebon, Senin 10 Juni 2019 Keluarga besar Pengadilan Negeri Cirebon mengadakan kegiatan acara Halal Bihalal. Acara yang diselenggarakan pada hari Senin, 10 Juni 2019 di Ruang Tunggu Sidang Pengadilan Negeri Cirebon, Kegiatan Acara halalbihalal dihadiri oleh segenap pimpinan, Para hakim, Para pejabat struktural dan fungsional serta seluruh Keluarga Besar pegawai Pengadilan Negeri Cirebon.

Adapun susunan acara dimulai dengan pembacaan sambutan yang dibawakan oleh Saudari Nurlaela Ramdhani, SE,. dan diteruskan dengan sambutan oleh Bapak SUHARNO, SH.,MH., Ketua Pengadilan Negeri Cirebon.

Dalam sambutannya, Bapak SUHARNO, SH.,MH., Ketua Pengadilan Negeri Cirebon, dalam sambutannya menyampaikan semoga dengan acara halal bihalal ini dapat menjadikan kita manusia yang bertaqwa, adanya kebersamaan satu sama lain tetap terjaga serta kerja sama yang baik antar sesama pegawai Keluarga besar Pengadilan Negeri Cirebon, dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Beliau menyampaikan bahwa momentum Kegiatan acara halalbihalal ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Peningkatan tersebut dapat tercermin dari meningkatnya ibadah kita kepada-Nya. Selain itu momentum syawal juga bisa dijadikan sebagai pemacu untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Setelah kegiatan sambutan tersebut

Selanjutnya diteruskan dengan ceramah yang disampaikan oleh Bapak MURIYANTO, SH., Sekretaris Pengadilan Negeri Cirebon, dalam ceramahnya menyampaikan makna dari “Halal bihalal” yaitu membuka hati untuk saling memaafkan dan beliau pun menyampaikan tanda bukti cinta kita kepada sesama, yang terdapat pada hadits dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berikut ini, dimana Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

“Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari no. 13 dan Muslim no. 45)

Acara halal bihalal tersebut diakhiri dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan saling berjabat tangan dan memaafkan antara sesama, selanjutnya di teruskan dengan acara makan bersama.