Cirebon, 14/02/2020  Monitoring dan Evaluasi dibuka oleh Bapak Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cirebon memberikan Sambutan kepada Seluruh Peserta Monev yang bertempat di Ruang Sidang Cakra. Bahasan Materi Monitoring dan Evaluasi SDM terdiri dari :
 
Pembahasan dan Bapak Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cirebon :
  1. Mulai terapkan 3S (Senyum, Sapa, Salam) dalam memberikan Pelayanan kepada Para Pencari Keadilan.
  2. Tetap Semangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pekerjaan.
  3. Permintaan Sarana Pendukung untuk di Ruang Sidang ( Laptop )
  4. SIPP mengalami penurunan peringkat karena adanya tunggakan minutasi yang terdiri dari 100 BAS, 1 Tuntutan, 6 Putusan.
  5. Bagian Pidana memiliki masalah untuk Register Penahanan.
  6. PTSP ada beberapa gugatan yang masuk namun tidak terupload. Oleh sebab itu mohon untuk di upload ulang jika memang dokumen tidak terbaca oleh  aplikasi.
  7. Penyegaran artinya Peningkatan Kinerja agar menjadi lebih maksimal.

Pembahasan dari Bapak Panitera Pengadilan Negeri Cirebon :
  1. Dokumen E - Court yang diupload sudah menggunakan format pdf namun jika tidak segera diklik, dokumen tersebut tidak dapat dibuka.
  2. MIS untuk sidang : - E - doc tuntutan sudah diupload namun tidak hilang, - BAS selalu meningkat karena sebelum upload minta dikoreksinya sehingga tunggakannya selalu meningkat, - Untuk jurusita pada saat delegasi masuk, e - doc Permohonan tidak terbaca sehingga tidak dapat print. Selain itu, didalam aplikasi Surat delegasi tertanggal 27 Februari sementara     hari ini tanggal 14 Februari.
  3. Monev bagian berjalan dengan tertib.
  4. Seharusnya diawali dengan Rapat Bidang. Rapat Kepaniteraan / Kesekretariatan, Rapat 4 Pilar, dan yang terakhir Rapat Bulanan namun di Cirebon
    ini terbalik jika di perhatikan.
  5. PTSP sudah ada jadwal yang bertugas.
  6. Bagian Hukum kekurangan staff PNS sehingga ada beberapa tugas yang tertunda.
Pembahasan dari Bapak / Ibu Hakim :
1. Lakukan Peninjauan kembali untuk Jaringan.
2. Petugas e - court harus lebih proaktif karena pemahaman masyarakat tentang Penggunaan e - court masih kurang.
3. Metode Pelayanan masih sangat lemah untuk Petugas Informasi, 3S (Senyum, Sapa, Salam) masih belum diterapkan.
4. Penulisan data tamu / Pengunjung di buku Informasi dibuat lengkap mulai nama, alamat dan nomor yang bisa dihubungi.
5. Petugas Informasi jangan buru - buru Pulang, tunggu sampai KTP habis atau tunggu selama maksimal 2 jam setelah jam pulang jika tidak ada yang diambil serahkan pada security.
6. Setelah Sidang Panitera Pengganti serahkan BAS untuk dikoreksi sebelum sidang selanjutnya.
7. Minta Soft Copy dari Penyidik untuk membantu Panitera Pengganti dalam membantu BAS.
8. Dalam 1 Hari ada berapa orang Petugas Ruang Sidang yang bertugas ?
    Jika memang hanya 1 orang, minta ditambah karena Petugas Ruang Sidang dibutuhkan.
 
Pembahasan Panitera Pengganti :
1. Untuk Petugas Piket, tolongi hubungi PP ketika Para Pencari Keadilan datang untuk Persidangan atau hanya sekedar Konsultasi.
2. Tolong tindak lanjuti untuk Jaringan karena sangat menghambat Pekerjaan.
 
Monitoring dan Evaluasi SDM di tutup dan diakhiri oleh menyanyikan lagu Bagi Mu Negeri. Terima kasih..smiley