Cirebon, Selasa, tanggal 17 September 2019 pukul 08.00 Wib Ruang Kepaniteran Hukum di Pimpin oleh Panitera Pengadilan Negeri Cirebon dikuti oleh Sekretaris, Para Panitera Muda, Para Kepala Sub Bagian, Karyawan dan Karyawati Pengadilan Negeri Cirebon, dalam proses pembahasan Rapat Sosialisasi eraterang diantaranya yaitu :

  1. Aplikasi eraterang  adalah merupakan alat bantu (Tool) dalam layanan pembuatan surat keterangan yang harus dikeluarkan oleh Pengadilan seperti :
  1. Surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit
  2. Surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana
  3. Surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya
  4. Surat keterangan di pidana karena kealpaan ringan atau alasan politik, dan
  5. Surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang secara perorangan dan/atau secara badan hukum yang menjadi tanggung jawabnya yang merugikan keuangan negara, 
  1. Aplikasi eraterang merupakan langkah-langkah untuk mengakses aplikasi Surat Keterangan Elektronik yang dapat diakses secara online melalui laman website tersebut : www.eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id dengan menggunakan browser pada komputer atau perangkat mobile lain yang dapat terhubung ke internet.
  2. Pengguna diwajibkan harus memiliki email, untuk mendaftar sebagai pengguna layanan e-terang
  3. Pengguna diharuskan mengunggah dokumen dalam bentuk PDF ataupun JPG (Image), file yang diunggah berupa : 
  1. Dokumen Indentias (KTP/SIM/KTP/Paspor)
  2. Surat keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  3. Foto
  1. Setelah data permohonan selesai maka pengguna harus mencetak/print surat permohonan tersebut.
  2. Surat permohonan yang telah dibuat sebelumnya harus diprint beserta dokumen asli yang telah diunggah kedalam aplikasi harus dibawa ke Pengadilan yang telah dipilih, untuk ditukarkan dengan Surat Keterangan asli yang telah di tanda tangani oleh Ketua Pengadilan yang dituju.