Cirebon, Rabu 15 Maret 2017, Pengadilan Negeri Cirebon melakukan sosialisasi mengenai Gugatan Sederhana sesuai dengan PERMA NO 2 TAHUN 2015 dengan kerjasama dengan Bank BRI Kantor Cabang Cirebon.  Sosialisasi dimulai pada pukul 09.30 WIB , bertempat di Kantor Bank BRI Cirebon. Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cirebon Bapak SUHARNO, SH.,MH sekaligus membuka acara tersebut. Dalam acara tersebut Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cirebon didampingi oleh jajaranya selaku pemateri  yaitu antara lain Ibu Dr. ETIK PURWANINGSIH, SH.,MH.(Hakim)., Bapak AGUS FATAH, S.H. (Panitera Muda Perdata), Bapak JUNDY EKA SAPUTRA, SE., MM.( Kasub Bag. Perencanaan , IT dan pelaporan) Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan Bank BRI mulai dari Kepala Cabang, Kepala Unit dan Para Mantri.

Sosialisasi ini membahas tentang tata cara penyelesaian Perkara Perdata khusus nya Gugatan Sederhana (small claim court) menurut Peraturan Mahkamah Agung No. 2 Tahun 2015 yakni perkara perdata yang nilai gugatannya paling banyak Rp 200.000.000.00 ( dua ratus juta rupiah ) termasuk dalam kategori wanprestasi atau perbuatan melawan hukum serta  dan bukan mengenai sengketa tanah, Gugatan Sederhana ini  akan diperiksa   oleh hakim tunggal.  Dalam memeriksa perkara  Gugatan Sederhana, pengadilan harus menyelesaikan paling lama 25 hari  kerja sejak sidang pertama.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para kepala unit dan mantri di BRI yang selama ini menghadapi permasalahan dari para debiturnya yang melakukan wanprestasi, dengan nilai kredit dibawah  Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah).

Kepala cabang BRI cabang Kartini, Bapak SUYANTO mengucapkan bahwa selama ini bahwa banyak sekali debitur kredit  mikro yang melakukan wanprestasi namun pihak BRI belum paham mengenai syarat-syarat yang diperluakn untuk mengajukan Gugatan Sederhana.

Dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini diharapkan seluruh peserta dapat memahami materi pokok dan prosedur tentang Gugatan Sederhana