SEJARAH SINGKAT PENGADILAN NEGERI CIREBON


Proses pembentukan Pengadilan Negeri KL.IB Cirebon dilatar belakangi momentum sejarah pembentukannya yang terdiri dari masa-masa pemerintahan yaitu sebagai berikut :


  • MASA PEMERINTAHAN HINDIA BELANDA

Pada Masa penjajahan Belanda, Pengadilan Negeri KL.IB Cirebon dinamakan LANDRECHTER ( NICYWESTIJL), yang berarti pemutusan segala perdata baik perkara perdata setelah merdeka disebut Pengadilan Negeri. Pada Waktu itu, masih bertempat di Jl. Pengampon No.02 Cirebon, yang meliputi wilayah III Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka.


  • MASA PEMERINTAHAN REPUBLIK INDONESIA SERIKAT ( RIS )

Pada tanggal 17 Agustus 1950, susunan kekuasaan badan Pengadilan serta susunan acaranya diseragamkan untuk seluruh Indonesia yang berdasarkan UU No.02 tentang " PERADILAN SIPIL".


Adapun macam-macam Peradilan yaitu, sebagai Berikut :


  1. Peradilan Umum atau Peradilan Negeri
  2. Peradilan Militer
  3. Peradilan Tata Usaha ( TUN )
  4. Peradilan Agama
  5. Mahkamah Agung ( MA ) yang merupakan Peradilan Negeri tertinggi yang bertugas mengawasi tindakan-tindakan Pengadilan lain menurut Undang-undang.
  • MASA PEMERINTAHAN REPUBLIK INDONESIA ( RI ) SEKARANG

Pada Tahun 1974, Pengadilan  Negeri KL.IB Cirebon yang beralamat di Jl. Pengampon pindah ke Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.18 Cirebon. Gedung-gedung Pengadilan Negeri Cirebon dibangun pada Tahun 1973-1974, pada pelita I Tahun ke V, status dimiliki Departemen Kehakiman tanggal 1 April 1973 No.51/12/1973, sebelum tahun 1982 wilayah kerja Pengadilan Negeri KL.IB Cirebon pada Tahun 1982 sampai dengan sekarang.


  1. Pengadilan Negeri KL.IB Cirebon, khususnya meliputi daerah hukum kotamadya daerah Cirebon yang beralamat di Jl.Dr Wahidin Sudirohusodo No.18 Cirebon.
  2. Pengadilan Negeri Sumber, khususnya meliputi daerah hukum Kabupaten Cirebon beralamat di Kompleks Perkantoran Sumber Cirebon.