ZONA INTEGRITAS |
|
TAHUN |
DOKUMEN |
2022 |
|
2023 |
ZONA INTEGRITAS
PEMENUHAN
1. MANAJEMEN PERUBAHAN (5)
NO |
AREA I |
EVIDEN |
|
1 |
Tim Kerja (1) |
a. Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas |
|
b. Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas |
|||
2 |
Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas (1) |
a. Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM |
|
b. Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM |
|
||
c. Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM |
|||
3 |
Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM (2) |
a. Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana |
|
b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas |
|||
c. Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti |
|||
4 |
Perubahan pola pikir dan budaya kerja (1) |
a. Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM |
|
b. Apakah sudah ditetapkan agen perubahan |
|||
c. Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi |
|||
d. Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM |
2. PENATAAN TATALAKSANA (5)
NO |
AREA II |
EVIDEN |
|
1 |
Prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama (1,5) |
a. Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi |
|
b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan |
|||
c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi |
|||
2 |
E-Office (2) |
a. Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi |
|
b. Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi |
|||
c. Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi |
|||
d. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik |
|||
3 |
Keterbukaan Informasi Publik (1,5) |
a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan |
|
b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik |
3. PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM (15)
NO |
AREA III |
EVIDEN |
|
1 |
Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi (2) |
a. Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan |
|
b. Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan |
|||
c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja |
|||
2 |
Pola Mutasi Internal (2) |
a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan |
|
b. Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan |
|||
c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja |
|||
3 |
Pengembangan pegawai berbasis kompetensi (3) |
a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi |
|
b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai |
|||
c. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan |
|||
d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya. |
|||
e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) |
|||
f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja |
|||
4 |
Penetapan kinerja individu (4) |
a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi |
|
b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya |
|||
c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik |
|||
d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll). |
|||
5 |
Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai (3) |
a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan |
|
6 |
Sistem Informasi Kepegawaian (1) |
a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala. |
4. PENGUATAN AKUNTABILITAS (10)
NO |
|
AREA 4 |
EVIDEN |
1 |
Keterlibatan pimpinan (5) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. PENGUATAN PENGAWASAN (15)
NO |
|
AREA V |
EVIDEN |
1 |
Pengendalian Gratifikasi (3) |
|
|
|
|
|
|
2 |
Penerapan SPIP (3) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Pengaduan Masyarakat (3) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Whistle-Blowing System (3) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Penanganan Benturan Kepentingan (3) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (10)
NO |
|
AREA VI |
EVIDEN |
1 |
Standar Pelayanan (3) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DOWNLOAD | ||
2 |
Budaya Pelayanan Prima (3) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DOWNLOAD | ||
|
|
|
|
|
DOWNLOAD | ||
3 | Pengelolaan Pengaduan |
|
DOWNLOAD |
|
DOWNLOAD | ||
|
DOWNLOAD | ||
4 |
Penilaian kepuasan terhadap pelayanan (4) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 | Pemanfaatan Teknologi Informasi |
|
DOWNLOAD |
|
DOWNLOAD | ||
|
DOWNLOAD |