ZONA INTEGRITAS

PEMENUHAN

1. MANAJEMEN PERUBAHAN (5)

NO

 

AREA I

EVIDEN

1

Tim Kerja (1)

a. Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas

DOWNLOAD

   

b. Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas

DOWNLOAD

2

Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas (1)

a. Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM

DOWNLOAD

   

b. Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM

DOWNLOAD

 

   

c. Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM

DOWNLOAD

3

Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM (2)

a. Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana

DOWNLOAD

   

b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas

DOWNLOAD

   

c. Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti

DOWNLOAD

4

Perubahan pola pikir dan budaya kerja (1)

a. Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM

DOWNLOAD

   

b. Apakah sudah ditetapkan agen perubahan

DOWNLOAD

   

c. Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi

DOWNLOAD

   

d. Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM

DOWNLOAD

2. PENATAAN TATALAKSANA (5)

NO

 

AREA II

EVIDEN

1

Prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama (1,5)

a. Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi

DOWNLOAD

   

b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan

DOWNLOAD

   

c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi

DOWNLOAD

2

E-Office (2)

a. Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi

DOWNLOAD

   

b. Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi

DOWNLOAD

   

c. Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi

DOWNLOAD

   

d. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik

DOWNLOAD

3

Keterbukaan Informasi Publik (1,5)

a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan

DOWNLOAD

   

b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik

DOWNLOAD

3. PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM (15)

NO

 

AREA III

EVIDEN

1

Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi (2)

a. Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan

DOWNLOAD

   

b. Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan

DOWNLOAD

   

c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja

DOWNLOAD

2

Pola Mutasi Internal (2)

a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan

DOWNLOAD

   

b. Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan

DOWNLOAD

   

c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja

DOWNLOAD

3

Pengembangan pegawai berbasis kompetensi (3)

a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi

DOWNLOAD

   

b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai

DOWNLOAD

   

c. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan

DOWNLOAD

   

d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya.

DOWNLOAD

   

e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll)

DOWNLOAD

   

f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja

DOWNLOAD

4

Penetapan kinerja individu (4)

a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi

DOWNLOAD

   

b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya

DOWNLOAD

   

c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik

DOWNLOAD

   

d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll).

DOWNLOAD

5

Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai (3)

a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan

 

DOWNLOAD

6

Sistem Informasi Kepegawaian (1)

a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala.

DOWNLOAD

4. PENGUATAN AKUNTABILITAS (10)

NO

 

AREA 4

EVIDEN

1

Keterlibatan pimpinan (5)

  1. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan

DOWNLOAD

 

 

  1. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja

DOWNLOAD

 

 

  1. Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala

DOWNLOAD

2

Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5)

  1. Apakah dokumen perencanaan sudah ada

DOWNLOAD

 

 

  1. Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil

DOWNLOAD

 

 

  1. Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU)

DOWNLOAD

 

 

  1. Apakah indikator kinerja telah SMART

DOWNLOAD

 

 

  1. Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu

DOWNLOAD

 

 

  1. Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja

DOWNLOAD

 

 

  1. Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja

DOWNLOAD

 

 

  1. Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten

DOWNLOAD

5. PENGUATAN PENGAWASAN (15)

NO

 

AREA V

EVIDEN

1

Pengendalian Gratifikasi (3)

  1. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi

DOWNLOAD

 

 

  1. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan

DOWNLOAD

2

Penerapan SPIP (3)

  1. Telah dibangun lingkungan pengendalian

DOWNLOAD

 

 

  1. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan

DOWNLOAD

 

 

  1. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi

DOWNLOAD

 

 

  1. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait

DOWNLOAD

3

Pengaduan Masyarakat (3)

  1. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan  

DOWNLOAD

 

 

  1. Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti

DOWNLOAD

 

 

  1. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat

DOWNLOAD

 

 

  1. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti

DOWNLOAD

4

Whistle-Blowing System (3)

  1. Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi

DOWNLOAD

 

 

  1. Whistle Blowing Systemtelah diterapkan

DOWNLOAD

 

 

  1. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System

DOWNLOAD

5

Penanganan Benturan Kepentingan (3)

  1. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama

DOWNLOAD

 

 

  1. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi

DOWNLOAD

 

 

  1. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan

DOWNLOAD

 

 

  1. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan

DOWNLOAD

 

 

  1. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti

DOWNLOAD

6. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (10)

NO

 

AREA VI

EVIDEN

1

Standar Pelayanan (3)

  1. Terdapat kebijakan standar pelayanan

DOWNLOAD

 

 

  1. Standar pelayanan telah dimaklumatkan

DOWNLOAD

 

 

  1. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan

DOWNLOAD

   
  1. Telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan
      DOWNLOAD

2

Budaya Pelayanan Prima (3)

  1. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima

DOWNLOAD

 

 

  1. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media

DOWNLOAD

 

 

  1. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar

DOWNLOAD

   
  1. Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar
      DOWNLOAD

 

 

  1. Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi

DOWNLOAD

   
  1. Terdapat inovasi pelayanan
      DOWNLOAD
3 Pengelolaan Pengaduan
  1. Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor
      DOWNLOAD
   
  1. Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan
      DOWNLOAD
   
  1. Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi
      DOWNLOAD

4

Penilaian kepuasan terhadap pelayanan (4)

  1. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan

DOWNLOAD

 

 

  1. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka

DOWNLOAD

 

 

  1. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat

DOWNLOAD

5 Pemanfaatan Teknologi Informasi
  1. Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan
      DOWNLOAD
   
  1. Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi
      DOWNLOAD
   
  1. Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus
      DOWNLOAD